Monday, February 16, 2009

Ayam Masak di Buluh dan Nasi Jaha

Ayam Masak di Buluh dan  Nasi Jaha

Tertantang sama
Rurie Sofyaniek yang bikin event (Almost)Forgotten Indonesia Cullinary... jadi mikir-mikir pengen bikin apa...

Dipikirrrrr pikirrr..... *Aha* jadi inget deh..

Ceritanya waktu bulan Oktober kmaren pulang ke Sulawesi Utara, saya pengen banget makan ayam masak di buluh, seminggu disana.. gak kesampaian makan itu... gak nemu yang jualnya... & malah nemu makanan & bahan makanan lain yang aneh-aneh wakakakak..

Emang nggak banyak orang tau kalau selain rica-rica & woku yang terkenal, Sulawesi Utara, juga punya masak ayam di buluh yang gak kalah sedap.. tapi karena cara bikinnya yang lama.. dimasak di dalam buluh (bambu).. banyak orang yang males bikinnya..

padahal karena cara masaknya yang unik itu, makanan ini punya cita rasa yang khas lho...

Akhirnya saya membulatkan tekad buat bikin nih.. (padahal belom pernah masak pake bambu) tanya sana sini cara bikinnya, termasuk telpon interlokal ke Jakarta.. hehehe..
Tapiii.. ada dua bahan yang gak ada.. disini.. yaitu : Daun kemangi dan Bambu nya.. haiyaaaa.. bagaimana mau bikin masak di buluh.. hahahaha...

Akhirnya.... begitu suami dapet libur panjang, kami sekeluarga jalan ke rumah temen yang punya pohon kemangi di Miri (Serawak, Malaysia), menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 200 km dari Bandar Seri Begawan.. & Senengnya.. selain dapet kemangi, di Miri kami juga nemu penjual Bambu untuk lemang (disini juga ada lemang, mirip lemang padang.. Memang karena persamaan vegetasi dan latar belakang budaya.. sepertinya makanan & cara masak negara serumpun ini *Indonesia, Malaysia, Brunei* banyak persamaannya )

Setelah bahannya komplit, jadi deh bikin... 2 pohon kemangi yang dibawa dari Miri langsung botak tak bersisa.. :p

Ayam Masak di Buluh

Bahan :
1.5 kg ayam, potong kecil-kecil
150 gr serai (bagian putihnya saja) diiris tipis
500 gr daun bawang, dirajang halus
4 lbr daun pandan, diiris l.k 5 cm
100 gr daun kemangi
6 lbr daun jeruk
4 lbr daun kunyit, diikat
1 sdm garam
Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu tumbuk kasar :
100 gr cabe rawit hijau (atau sesuai selera)
25 gr cabe merah
250 gr jahe
8 bh bawang putih
8 bh bawang merah
1 sdm garam

Cara membuat :
Tumis bumbu tumbuk, serai iris, daun pandan, daun jeruk, daun kunyit hingga harum, masukkan ayam, biarkan hingga ”mati darah” dan berubah warna, masukkan daun bawang dan daun kemangi.. aduk hingga rata & ayam setengah matang.

Masukkan ayam ke dalam bamboo, bakar dengan bara kecil hingga air di bambu keluar semua. Putar-putar bambu agar ayam matang merata..

*proses membakar bambu kurang lebih 3 jam..*

Selama membakar ayam, aroma sedap menuh-menuhin apartemen kami nih.. soalnya kami hanya bisa bakar ayam ini pake alat seadanya.. pakai bakaran sate kecil di balkon.

Perut kriuk-kriuk pas mencium harumnya ayam dan bumbu-bumbu..

Akhirnyaaaa... setelah nunggu berhari-hari untuk ngumpulin bahan-bahan & setelah nunggu 3 jam ngebakar & muter-muter bambu supaya nggak gosong..
Horeee akhirnya jadi juga...

Daaaaannnn ayam masak ini empuuuuk dan harum banget... Karena proses masak yang lama, bumbu-bumbu juga meresap ke dalam. Aroma & rasa manis bambu tersisa ketika daging ayam masuk ke mulut.. hummm..

Gak klop kalo makan ayam gak ada temennya.. ayam masak di buluh ini enaknya dimakan pake nasi Jaha... (nasi jahe)

Nasi Jaha

Resep asli dari http://www.sedap-sekejap.com/artikel/2000/edisi12/files/manca5.htm

Bahan :
400 gr beras ketan (rendam semalaman)
200 gr beras
400 ml santan
1 lbr daun pandan
1 bh serai, geprek
3 lbr daun jeruk purut

Bumbu halus :
2 cm jahe
6 btr bawang merah
1 sdt garam
½ sdt gula pasir

Kukus beras ketan dan beras selama 10 menit. Sementara itu rebus santan, bumbu halus, daun pandan, serai, dan daun jeruk sambil diaduk hingga mendidih. Tuangkan santan ke campuran beras. Aduk rata lalu kukus sampai matang.

Ambil selembar daun. Taruh aronan tadi. Gulung sambil dipadatkan. Masukkan dalam bambu yang sudah diraut hingga ketebalannya cukup tipis. Bakar di atas bara hingga matang.

Daaannn akhirnyaaa...

proses bikinnya lama, ayam ini abisnya cepet banget..

Hehe, tapi gak nyesel bikin ayam masak di buluh ini

Menang gak menang di event ini nggak nyesel deh.. soalnya saya udah puas banget bisa makan ayam di buluh buatan sendiri.. dan ngalamin masak pake bambu... *gak tau kapan lagi punya niat buat masak pake bambu..* hehehe

Fransiska Rachel
Fransiska Rachel from Brunei Darussalam
Makan Makan Melulu
Ayam Masak di Buluh dan Nasi Jaha

No comments:

Post a Comment