Monday, February 16, 2009

Cabuk Rambak

Cabuk Rambak

Akhirnya bisa posting juga, udah terlanjur janji ama si Rurie *yang punya event* kemaren waktu meninggalkan jejak di SBnya dia. Dan kok ya ndilalah *walah bahasa kliatan banget ya kalo aku orang jawa hehe * kok ternyata hasile jelek waktu aku transfer dari CF ke pcku..akhirnya ndak jadi aku postingkan dan menunggu hari baik lagi untuk melakukan pemotretan. Dan kebetulan hari ini cuaca lumayan bagus dan bisa untuk pemotretan.

Kembali ke tema masakan lagi ya... Cabuk rambak adalah salah satu makanan langka yang berasal dari daerah Solo, hidangan simpel nan sederhana ini berupa irisan ketupat, saus wijen dan disajikan dengan krupuk karak ato krupuk gendar or krupuk nasi. Aroma yang khas dari hidangan ini adalah saus wijennya yang terasa legit banget. Hidangan ini biasa dijual oleh simbok-simbok dengan menggendong bakul keliling kampung. Saya dolo waktu kecil pernah diajak simbah ke pasar dan dibelikan cabuk rambak ini karena nenek saya memang asli Solo dan sampai sekarang beliaupun masih tinggal di Solo.

Maka demi mewarisi hidangan leluhur dari simbah saya maka saya ikut eventnya si Rurie dengan menyuguhkan Cabuk Rambak versi saya, dengan keterbatasan yang ada disini hanya bisa membuat ketupat plastik saja karena untuk mencari janur kelapa disini ga bakalan ketemu karena sampai sekarang saya belum pernah menemukan pohon kelapa yang tumbuh di Norway, atau di Asian Store juga ga ada yang jual janur hehe. Dengan tidak mengurangi rasa saus wijennya saya bikin gurih, pedas dan wangi aroma daun jeruk. Pokoknya sangat mirip banget dengan aslinya walau harus disajikan dengan ketupat palsu *menyontek kalimat Deetha waktu kita cetingan di YM *

Dan untuk krupuk karaknya saya juga harus rela membuat sendiri beberapa hari sebelumnya karena memang disini ga ada yang jual krupuk karak aka krupuk gendar. Dimusim winter gini kok saya bisa bikin krupuk ? gimana cara mengeringkannya ? ya tak masukin ke oven dong selama 6 jam lebih dengan suhu 75 drajat hehe. Dengan memanfaatkan sisa nasi dirice cooker lalu aku bumbuin bawang putih, ketumbar dan garam dicampur dengan air sedkit, dikukus lagi lalu dihaluskan pakai mas Ken. Untuk resep dan cara membuatnya bisa dilihat disini Untuk resep cabuk rambak saya memakai resep dari Eki dan dapur Mlandhing saya kombinasi resepnya dan jadilah seperti yang dibawah ini *maap leluhur kalo agak melenceng dikit *

CABUK RAMBAK

Bahan saus :
500 grm wijen putih
4 sdm kelapa parut
5 lmbr daun jeruk, iris tipis

Bumbu halus :
10 siung bawang putih, goreng garing
8 butir kemiri, sangrai
3 b cabe merah kering
4 lmbr daun jeruk
3 cm kencur
1 sdt garam
1 sdt gula

Pelengkap :
Ketupat, potong menurut selera
Krupuk gendar

Cara membuat :
Sangrai wijen dan kelapa parut sampai kering dan berwarna kuning keemasan
Haluskan bersama dengan bumbu halus
Beri air panas secukupnya untuk mengencerkan saus
Taburi dengan irisan daun jeruk
Sajikan bersama potongan ketupat dan krupuk gendar

Ayin
Ayin from Vest Adger, Norway
AG's Food
Cabuk Rambak

No comments:

Post a Comment