Friday, February 20, 2009

Dodongkal

Dodongkal

Dodongkal adalah salah satu makanan favoritku dari kecil sampe sekarang... sayangnya disini ga ada yang jualan biasanya di daerah tempat tinggalku di indo yang jualan dodongkal ini ibu2. Setiap pagi aku selalu nunggu beliau lewat di depan rumah dengan teriakannya yang khas "dodongkal...dodongkal..."

Nah di jaman modern sekarang ini dodongkal makin susah dicari karena banyak jajanan modern yang di jual tapi seleraku tidak pernah pindah ke lain hati "ceilah" masih suka kue ini. Kalo aku mudik ke indo ini adalah salah satu makanan yang di buru.
Buatnya gampang2 susah menurut aku, salah satu bahannya terbuat dari tepung beras... sayang disini adanya tepung beras yang udah jadi kalo bisa giling sendiri berasnya mungkin lebih mantaf rasanya.


Resep Dodongkal

Bahan :

- 1,5 kg tepung beras yg sudah diolah setengah matang.
- 500 gram gula merah disisir halus
- 1 butir kelapa setengah tua, parut memanjang
- garam 2 sdt
- air 500 ml. (garam dilarutkan dalam air)
- beberapa lembar daun pandan


Cara membuat :

1. Siapkan kukusan kerucut dan dandang tinggi (seeng kalo orang sunda bilang), didihkan air sampe beruap banyak, bisa juga air kukusan diberi daun pandan agar wangi.

2. Siapkan kukusan bambu, (supaya berdiri saya taruh dipanci kosong yang tinggi).

3. Campurkan 1/2 butir kelapa parut dengan tepung beras, beri air garam sedikit2, aduk hingga lembab dan berbutir2.beri beberapa lembar daun pandan di dinding kukusan., kemudian sendokan gula merah, tepung beras secara berselang seling sampai habis.memberikan lapisan gula merah, jangan terlalu tebal, cukup tipis saja. Sedangkan lapisan tepung beras agak lebih tebal.

4. Lapisan tepung terakhir agak dikumpulkan ditengah jangan melebar ke pinggiran kukusan bambu. tutup dengan daun pisang, setelah itu tutup dengan tutup panci. kukus sampai matang. Cek 15 menit kemudian, lihat apakah sudah padat menyatu, jika belum, berikan waktu 5 menit lagi dan cek kembali. setelah matang angkat, tumpahkan sekaligus diatas tampah atau baskom besar beralas daun pisang. bentuk kerucutnya itu unik...

Source : Dapur Fifi

Rita Herni
Rita Herni from Portland, USA
Dapurnya Rita
Dodongkal

No comments:

Post a Comment