Tuesday, February 17, 2009

Gajebo

Gajebo

wow antusias banget gue ikutan evennya rurie, sebenernya udah tahu dari pertama dibuka,tapi berhubung anak gue sakit lupa banget,baru tadi malem dipikir2 lagi eh kenapa enggak gajebo aja!! memang sebelumnya, udah pernah gue posting disini, menurut gue ini makanan yang sudah sulit ditemui direstoran padang dijakarta, kalau asal usulnya makanan ini jujur saja, gue enggak paham bener,karena gue mengenal makan ini dari hubby yang memang asli orang padang,awalnya gue bikin ya karena dia suka banget sama masakan yang satu ini,makanya gue ubek2 resep dapet dech di primarasa...setelah gue bikin ..hmmm hubby bilang sama rasanya seneng juga akhirnya sakaw hubby bisa terpenuhi hahahahah

kalau aku tanya ke hubby kenapa sekarang jadi susah ditemui lagi masakan ini, dia bilang mungkin karena masakan ini enggak sehat kali ya hahahha ya iya lah secara lemak semua mirip lemaknya sirlion steak yang ada dipinggirnya itu loh....enak khan???

Resipe from primarasa

Bahan

  • 400 gram daging sandung lamur
  • 1000ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 btg serai, memarkan
  • 1 lembar daun kunyit, robek2,ikat (ellen egk pake)
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 cm lengkuas
  • 1 potong asam kandis

Bumbu halus

  • 50 gram cabe merah keriting
  • 25 gram cabe merah besar(kl tdk mau pake ganti cabe keriting)
  • 65 gram bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir

Caranya

  • masak daging dgn air, rebus hingga mendidih, setelah 1/2 matang angkat lalu potong2 dadu. masukan kembali kedalam air rebusan, bubuhkan garam,masak terus hingga mendidih.

  • masukan bumbu halus,serai,daun kunyit,daun jeruk,dan lengkuas. masak terus hingga daging empuk.bila air mengering dan daging belum empuk,tambahkan air lagi.

  • masukan asam kandis,masak terus hingga bahan cukup matang,dan kuah berminyak,keluarkan asam kandis,lalu angkat.

Ellen TakdirEllen Takdir from Jakarta, Indonesia
Recipies for All
Gajebo


No comments:

Post a Comment