Saturday, February 7, 2009

Gulai Permas Iwa

Gulai Permas Iwa

Ini Entry buat Event yang di Gagas oleh Rurie,Info lengkapanya atau ada yang mau ikutan silahkan lihat DISINI..
Terus terang begitu Baca Postingan Rurie tentang Eventnya yang bertemakan Makanan yang hampir telupakan,aku langsung terpikir dengan Ibu yang sesekali menyajikan Menu ini dan mungkin sangat Jarang sekali,padahal kami Anak-anaknya sangat menyukainya dan Langsung dech Telpon Tanya Resepnya,ternyata Bahannya gampang banget dan bikinnya simple,

Bahkan mungkin Resep atau Menu satu ini banyak orang yang ngga tau bahkan belum sama sekali mencobanya,sekarang saya perkenalkan satu lagi Resep Unik dari Daerah OKU,Sumsel atau berasal dari Tanah kelahiranku,yaitu Gulau Permas Iwa ATAU Gulai Asem Ikan,selain dari gulai Peros paku,Gulai Papenyok iwa,Sambol Pajak Iwa dan Sambol lawas, yang sudah aku pernah Posting.

Sebenarnya Resep ini memang sudah ada dari zaman Bahula atau Warisan turun temurun dari nenek moyang terdahulu,tapi mungkin karna kurang begitu Populer,jadi ngga begitu banyak orang tau atau tak setenar masakan khas dari Suatu Daerah-daerah lain.
Tapi kalau pernah tinggal atau Tua di Daerah OKU,pasti tau Lauk satu ini.

Aneh dan Uniknya Menu satu ini jarang sekali dijumpai atau disajikan untuk menu sehari-hari dan mungkin juga hampir terlupa oleh Generasi-generasi Muda,saya juga ngga tau kenapa..??
Bahkan Nyokapku pun jarang menyajikan menu satu ini,sepertinya kalau menyajikan Menu satu ini asli benar-benar Special.
Padahal bikinnya sangat mudah dan Bahannya pun simple,jadi kebanyakan kita menemukan lauk satu ini sa'at ada Hajatan atau Syukuran saja.

Bahan Utama dari lauk ini adalah Ikan Danau,kenapa Ikan Danau..??
Karna memang di Daerah OKU atau tempat saya tinggal,kebanyakan yang ada adalah Ikan Danau.

Dan juga Menu satu ini selain Simple bikinnya dan Bahannya juga mudah didapat dan asli bikin Orang Aneh kalo melihatnya cara penyajiannya seperti Salad,padahal ini bukan salad melainkan menu Utama pendamping Nasi yang sudah dilengkapi Dengan Lalapannya.

Penyajiannya pun ada dua Cara,kalau yang biasa kita temukan sa'at Hajatan atau Syukuran,penyajiannya sangat Simple atau tampa Daun Salada,mungkin dikarnakan makannya untuk Orang banyak.
Tapi kalo penyajian buat Kita atau Keluarga sendiri yang menyantapnya,ini biasanya lengkap dengan Daun Saladanya atau Lalapannya.

Dan begitu juga sa'at kita menyantap Menu satu ini,pasti akan merasa aneh dengan rasa dan Aromanya seperti Rujak atau Asinan yang bikin Segarrr..

Itulah Salah satu menu dari Kampungku yang hampir terlupakan oleh Generasi-generasi muda dan juga mungkin banyak yang ngga mengetahui atau sama sekali tidak tahu akan Menu satu ini.

Selamat Mencoba akan Kesegaran dan Kelezatannya..!!!

Ingredients :
Ikan danau Segar / Ikan apa saja boleh,asalkan ukuran Besar
2 buah Jeruk Lemon,ambil Airnya
2 siung Bawang Merah cincang Halus untuk Taburan
Daun Salada segar,cuci bersih
Gula secukupnya
Garam secukupnya
100 ml air Matang

Haluskan :
10 buah Cabe segar
3 siung bawang Putih

Directions:
Untuk Ikan :
Bersihkan Ikan,lalu serat Punggungnya,Rendam kurang lebih 15 menit bersama dengan Kunyit dan Garam,Lalu bakar Hingga matang,sisihkan.

Untuk Kuah :
Ambil Mangkok,masukkan Bumbu Halus,Garam,Gula,air jeruk dan Air putih matang,aduk hingga gula larut dan bumbu menyatu,kemudian cicip rasanya Asem pedas dan manis,pokoknya segar seperti Kuah Rujak atau Asinan.

Penyelesaian :
Tata Daun Salada diatas Piring saji,lalu tarok Ikan bakar diatasnya dan siram dengan Kuah tadi dan beri Taburan Bawang merah,sajikan dengan Nasi Angat,sedap,mantaff dan segar.


Yeni Yulinda
Yeni Yulinda from Ottawa, Canada

Yenis family blog
Gulai Permas Iwa

No comments:

Post a Comment