Friday, February 20, 2009

Kembang Tahu

Kembang Tahu

Tahukan eventnya Rurie, "Almont Forgotten Indonesian Culinary Heritage. Hmm dari awal bulan mencari resep yang 'hampir terlupakan alias langka' susah banget, lagi ga kepikiran gitu. Akhirnya inget makanan ini, dulu waktu kecil aku sering beli dari pedagang keliling yang kadang2 lewat depan rumah. Namanya Kembang Tahu, setelah googling ternyata di Semarang dikenal dengan nama Tauwa atau Wedang Tahu. Di Jakarta dikenal dengan Kembang Tahu sama dengan di Bandung.

Ga tau deh makanan ini awalnya banget dari mana. Juga mengenai kelangkaannya bagaimana, tapi kalau di sini aku dah jarang nemuin. Cuma bbrp tempat yang aku tahu jualan ini. Bahan dasar pembuatannya bisa dari kembang tahu atau susu kedelai. Aku memilih membuatnya dengan susu kedelai karena terlihat lebih simple. Hasilnya enaak.. sama dengan yang biasa aku beli dulu, tapi teksturnya belum 100% serupa, apa harus menggunakan kembang tahu??

Jangan menyepelekan bahan dan cara buat yang sangat simple ini, karena rasanya yang lezat dan manfaatnya bagus banget untuk tubuh kita:)

Source: http://www.dunia-ibu.org
(1/2 resep):

250 ml susu kedelai
300 ml air
1/2 bungkus agar-agar
garam

saus:
125 gr gula merah, sisir
75 ml air
25 gr jahe, memarkan

Cara:
- Didihkan susu, air, agar-agar & garam sampai mendidih. Dinginkan dan biarkan beku.
- Saus, didihkan semua bahan, saring.
- Iris tipis kembang tahu, siram dengan sausnya.

Vin Wong
Vin Wong from Bandung, Indonesia
Vintage's Kitchen
Kembang Tahu

No comments:

Post a Comment