Tuesday, February 17, 2009

Papeda Kuah Kuning

Papeda Kuah Kuning

Kita sudah mengetahui bahwa pada umumnya makanan pokok orang Indonesia adalah nasi, namun sesungguhnya penduduk Papua dan sekitarnya yang memiliki makanan pokok yang sangat khas dan berbeda yang disebut papeda. Biar kata sudah tinggal di Papua sejak lahir, mencoba masakan papeda bagi saya hanya bisa dihitung dengan jari. Teringat sewaktu kecil pernah diajak oleh tetangga untuk menyantap makanan khas Papua ini, tetapi waktu itu saya hanya berani icip-icip. Secara masih terasa aneh untuk mencobanya karena penampakannya yang unik. Ya, papeda wujudnya kurang lebih seperti lem yang terbuat dari tepung kanji. Tak heran karena bahannya pun terbuat dari (tepung) sagu dan air saja.

Seperti yang tertera di sini, sagu yang digunakan hakikatnya adalah sagu yang masih segar, yang baru dikeluarkan dari batang pohon sagu. Tapi untuk kepraktisan, sagu ada juga yang dikeringkan menjadi tepung supaya awet. Beberapa kali saya menjumpai kalau sudah kepepet tidak ada sagu, tepung sagu yang biasa dijual di supermarket pun bisa diolah menjdi papeda.

Walau masakan ini kurang populer sebagai masakan khas Indonesia, bahkan mungkin di antara Anda baru mendengarnya, tetapi masakan ini masih kerap digunakan oleh masyarakat Papua dan sekitarnya sebagai makanan sehari-hari.

Terakhir saya makan papeda sekitar 1 tahun yang lalu di acara bazaar di kota tempat saya tinggal. Waktu itu teman lauknya adalah ikan kuah kuning yang rasanya segar, pedas dan asam. Rasanya sangat unik tapi lezat. Papeda terasa dingin di mulut, tetapi kemudian lumer bersama kuah kuningnya yang lezat.

Anda ingin tahu cara pembuatannya ? Atau mungkin Anda juga ingin mencicipinya ? Berikut saya coba uraikan resepnya, yang saya dapat dari penjual sagu di pasar tradisional di Timika.

Papeda

Bahan :
1 genggam sagu segar
Air mendidih secukupnya

Cara membuat :
- Tempatkan sagu dalam baskom, rendam sagu hingga larut dalam air, saring, lalu endapkan.
- Buang airnya, lalu tuangi papeda dengan air mendidih sambil terus diaduk dengan cepat, hingga adonan menjadi kental dan berwarna bening.
- Sisihkan.

Ikan Kuah Kuning

Bahan :
5 ekor ikan kembung (bisa juga ikan tongkol atau kakap yg sesuai takarannya)
1 buah jeruk nipis, peras airnya
2 batang serai, memarkan
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 batang kemangi, siangi daunnya
2 buah tomat merah
3-4 gelas air

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabai merah keriting
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
2 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara membuat :
- Bersihkan ikan, lumuri dengan perasan air jeruk nipis.
- Tumis bumbu halus, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
- Masukkan air, tomat, dan daun kemangi lalu didihkan
- Lalu masukkan ikan, masak dengan api sedang hingga bumbu meresap.

Catatan : masakan ini dinikmati tidak menggunakan sendok, tapi langsung dengan tangan.

Ine Sena
Ine Sena from Papua, Indonesia
Dapoerkoe

Papeda Kuah Kuning


1 comment:

  1. ralat: sesungguhnya kita menggunakan sebuah alat khusus dari kayu 'hoang' atau 'bonggi' yang dinamakan 'hiloi' atau gate-gate untuk memakan makanan ini. That's for sure....

    ReplyDelete